motor 4 tak jarang sekali sempat untuk memperhatikan kebersihan klep,padahal bila ada kotoran yang mengganjal di klep sangat berpengaruh pada kompresi di ruang bakar,,dampaknya laju motor pun akan tersendat,,terutama pada katup buang karena sisa pembakaran bahan bakar yang akan di buang ke kenalpot biasanya menempel di klep...
Untuk dapat membersihkan klep mungkin butuh keahlian yang cukup,karena bisa di bilang bongakar mesin bagian depan,,tapi bila kamu merasa cukup yakin untuk membongkarnya berikut caranya:
1.buka tutup sintrik pada blok head.
2.buka rantai sintrik dan gear sintrik.
3.lepas blok head dari mesin.
4.buka nokhen as penggerak klep.
5.buka klep satu persatu dengan melepas klip pada ujung klep dengan cara:
-tekan per klep dengan kunci busi.
-lepas kedua klip yang ada di ujung klep.
6.sediakan serbuk untuk sekir.
7.ambil slang yang pas masuk pada ujung klep dan kasih bubuk sekir pada piringan klep yang menempel pada lubang klep.
8.putar klep ke kiri-kanan dengan selang tadi.
Bila semua sisi klep sudah bersih merata pasang per klep dan klip dengan cara di tekan dengan kunci busi tapi pada ujung kunci busi di ganjal dengan kain,supaya klip masuk terdorong ke rumah klip..
bila sudah terpasan tes kerapatan klep dengan cara di genangi bensin pada muka ruang bakar,tunggu beberapa saat,bila bensi masih utuh berarti klep dalam keadaan rapat,,
Pasang kembali blok head,pasang sintrik dan gear sintrik,pastikan piston pada posisi TMA(Titik Mati Atas),luruskan titik yang ada di gear sintrik dengan titik pada dinding blok head,,
Bila sudah terpasang cek kompresi dengan cara tekan lubang busi dengan jari,selah motor dan bila mana tekanan bisa mendorong jari dengan keras,berarti kompresi cukup baik,,
http://camperduk93.blogspot.com/2014/06/bore-up-mx-150cc-2014.html
Untuk dapat membersihkan klep mungkin butuh keahlian yang cukup,karena bisa di bilang bongakar mesin bagian depan,,tapi bila kamu merasa cukup yakin untuk membongkarnya berikut caranya:
1.buka tutup sintrik pada blok head.
2.buka rantai sintrik dan gear sintrik.
3.lepas blok head dari mesin.
4.buka nokhen as penggerak klep.
5.buka klep satu persatu dengan melepas klip pada ujung klep dengan cara:
-tekan per klep dengan kunci busi.
-lepas kedua klip yang ada di ujung klep.
6.sediakan serbuk untuk sekir.
7.ambil slang yang pas masuk pada ujung klep dan kasih bubuk sekir pada piringan klep yang menempel pada lubang klep.
8.putar klep ke kiri-kanan dengan selang tadi.
Bila semua sisi klep sudah bersih merata pasang per klep dan klip dengan cara di tekan dengan kunci busi tapi pada ujung kunci busi di ganjal dengan kain,supaya klip masuk terdorong ke rumah klip..
bila sudah terpasan tes kerapatan klep dengan cara di genangi bensin pada muka ruang bakar,tunggu beberapa saat,bila bensi masih utuh berarti klep dalam keadaan rapat,,
Pasang kembali blok head,pasang sintrik dan gear sintrik,pastikan piston pada posisi TMA(Titik Mati Atas),luruskan titik yang ada di gear sintrik dengan titik pada dinding blok head,,
Bila sudah terpasang cek kompresi dengan cara tekan lubang busi dengan jari,selah motor dan bila mana tekanan bisa mendorong jari dengan keras,berarti kompresi cukup baik,,
http://camperduk93.blogspot.com/2014/06/bore-up-mx-150cc-2014.html
Description: Cara Mengganti Kelep Pada Motor 2014, Rating: 4.5, Reviewer: camperduk, ItemReviewed: Cara Mengganti Kelep Pada Motor 2014