Bore Up Rx King Harian 2015

Advertisement
Kali ini saya akan sedikit membahas tentang cara mendongkrak tenaga sang raja jalanan “RK-KING”,walaupun sebenarnya sudah kuenceng dari sononya ,,hehehehe.
http://camperduk93.blogspot.com/2014/05/bor-up-rx-king-harian.html


  1. Kepala silinder
Pertama kita lakukan perubahan sedikit pada kepala silinder dimana di sinilah tempat terjadinya pembakaran yang akan menggerakkan piston. Semakin padat kompresi di kepala dilinder maka akan semakin baik,dan caranya adalah mengurangi ruang bakar dengan cara dibubut kubahnya. Tetapi pembubutan di lakukan hanya sedikit 1mm ataw maksimal 1,5mm jangan lebih karena ini hanyak untuk pemakaian sehari-hari,lagi pula menurut perhitungan ini adalah ukuran paling ideal. Bentuk kubah di kembalikan lagi ke standar dengan diameter kubah 58mm,sudah termasuk lebar squish 12mm,nat 0,5mm dan derajat kemiringan squish nya sekitar 14 derajat.
Saran dari para mekanik yang sudah berpengalaman lakukan pembubutan di tempat yang benar-benar sudah berpengalaman,karena ini sangat penting.
  1. Blok Silinder
Bagian kedua adalah blok silinder,ini adalah bagian yang sangat penting yang menentukan kinerja mesin terutama untuk motor 2 tak. Khusus untuk motor Rx-king ada beberapa jenis blok yang perlu diketahui terlebih dahulu sebebelum di lakukan perubahan. Jenis pertama adalah yang berkode Y1-Y4, jenis ini merupakan blok asli buatan jepang dan mempunyai lubang yang sudah cukup besar jadi cukup di haluskan kulit jeruknya saja sampe halus. Dan untuk yang berkode Yp1-Yp4 ini adalah blok buatan indo dan lubangnya lebih kecil dari seri Y oleh karena itu boleh di lakukan pengikisan sekitar 1mm. Kemudian untuk lubang eksos atau pembuangan dapat dilakukan pengikisan untuk yang seri Y 1mm dan untuk Yp 2mm dan jangan lebih dari itu karena dapat berakibat mesin jadi tidak enak di Rpm rendah. Dan untuk lebih aman pengikisan di lakukan pada tepi bagian atas saja karena jika di lakukan pengikisan ke samping kiri dan kanan mempunyai resiko yang cukup besar jika pengikisan melebihi batas,ring piston dapat tersangkut dan patah karena lubang eksos yang terlalu lebar.
  1. Knalpot
Walau pun knalpot terlihat hanya sebagai saluran pipa pembuangan,tetapi pada kenyataannya knalpot mempunyai peran yang sangat penting dalam menyumbangkan tenaga pada motor 2 tak. Knalpot untuk motor 2 tak lebih kompleks dari pada knalpot motor 4 tak karena itu jangan sembarangan memakai atau memasangkan knalpot odong-odong pada sang raja,knalpot yang di rekomendasikan oleh banyak mekanik adalah jenis V3V atau yang juga di kenal sebagai knalpot kolong. Di pasaran sudah banyak beredar knalpot jenis ini mulai dari buatan pabrik sampe buatan pengrajin rumahan.
  1. Reedvalve
Sekarang kita beralih ke bagian lain yaitu reedvalve atau yang disebut juga membran. Bagian ini sangat penting untuk mensuplai udara segar kedalam ruang blok silnder untuk pembakaran. Karena itu tidak salah kalau harga reedvalve yang berkualitas sangat mahal contohnya seperti v-force 4 yang harganya mencapai 2 juta lebih,tetapi untuk pemakaian sehari-hari cukup dengan mengatur membran original bawaan king dengan mengatur tinggi jarak antara lembar membran dengan stoper nya sekitar 10mm.
  1. Karburator
Terakhir adalah karburator,semua perubahan yang di lakukan akan percuma jika setingan karburatornya salah atau pakai karburator yang “odong-odong”. Untuk pemakaian sehari-hari cukup karburator bawaan tapi jika masih kurang puas bisa di ganti dengan karbu milik ninja PE 28 dan untuk sekedar catatan saja minimal yang KW 1/super. Untuk ukuran spuyer tidak bisa di pastikan langsung karena masing-masing motor mempunyai ukuran sendiri tergantung keadaan mesin itu sendiri. Jika ingin mengecek nya cukup di bawa jalan saja raja nya jika di rpm rendah terasa garing atau menjerit itu tandanya pilotjetnya minta di naikin untuk lebih pastinya lihat saja busi jika kering berarti benar pilotjenya kekecilan dan sebaliknya jika si raja di bawa dengan kecepatan tinggi tetapi mesin mrebet itu tandanya mainjetnya perlu di turunkan karena suplai bensin terlalu banyak,lakukan sampe elektroda busi berwarna merah bata.
Sekian penjelasan dari saya,,smoga bisa membantu dan jika da kesalahan mohon di koreksi
Description: Bore Up Rx King Harian 2015, Rating: 4.5, Reviewer: camperduk, ItemReviewed: Bore Up Rx King Harian 2015

Ditulis Oleh : camperduk
Hari: 16.22 Kategori: