Meningkatkan Performa Motor Matic

Advertisement
Yamaha Mio Adopsi Big Pulley Dari Vario serta BeAT
Tiga tiang dirumah roller dibabat (kiri). Di beri pengganjal ramp plate punya Mio (kanan) 
Untuk pengagum kecepatan gunakan motor matik, tingkatkan performa bukan sekedar di bidang mesin. Banyak juga yang lakukan gantian di bidang transmisi atau sisi CVT. Harus sesuai supaya performa yang dihasilkan tambah baik lagi. 
Langkah paling gampang yakni ganti rumah roller atau puli depan dengan yang memiliki pojok kemiringan rumah roller yang lebih tirus. Maksudnya supaya waktu putaran tinggi belt bisa dijepit serta terlempar lebih tinggi. Hal semacam ini tentu bikin tenaga motor bakal makin keluar serta nafas mesin merasa lebih panjang. 
Namun, harga puli racing di market cukup mahal. Dapat Rp 250 ribu hingga 500 ribu. Karenanya, Purnama Subekti dari Toyer Workshop di Jl. Setia Budi, Kuningan Jakarta Selatan mencari jalan keluar. 
”Bisa memakai puli Honda BeAT untuk di aplikasi ke Yamaha Mio. Terkecuali harga lebih murah, misal berlangsung rusaknya pada puli spare-partsnya banyak. Lantas puli BeAT dapat juga masuk ke kelompok big pulley. Lantaran roller yang dipakai semakin besar dari punya Mio, ” terang pria yang juga pakar di bagian computer ini.
Memanglah ada gantian yang perlu dikerjakan supaya puli BeAT dapat dipasang di Mio. ”Tidak terlampau banyak, cuma tiga sisi yang dirubah” terang pria yang akrab disapa Toyer ini.
Tetapi pada awal mulanya mesti berbelanja part terlebih dulu. Untuk beli satu set puli BeAT komplit dengan rumah roller, slider serta roller di bandrol Rp 155 ribu. Tuh, lebih murah kan!
Untuk sisi collar atau driven face boss atawa bushing dianjurkan memakai punya Honda Vario. Itu lantaran punya BeAT lebih panjang. Ini dapat mengakibatkan waktu puli dipasang posisi belt jadi jadi tidak bisa rapat dengan puli.

Untuk gantian pertama yang dikerjakan yaitu merubah diameter dalam sisi collar atau bushing Vario. Dirubah dengan sesuaikan sisi dalam seperti punya Mio. Pembesaran di bagian dalam ini mempunyai tujuan supaya collar bisa dimasukkan ke as.
Ke-2, rumah roller juga mesti sesuai. Yakni 3 tiang tempat slider bekerja juga terkena papas. Dipapas seputar sebagian milimeter atau diratakan. Maksudnya supaya waktu roller terlempar sisi tutup puli tak bersinggungan dengan one way serta gir starter.
Serta ketiga, sisi ramp plate atau tutup puli. Sisi ini dapat mesti dibubut dibagian lubangnya. Dibubut seputar 1 mm. Atau dapat dengan sesuaikan besar lubang dengan punya Mio. Lantaran lubang dibagian tutup puli BeAT lebih kecil. Supaya waktu puli dipakai posisi terus lurus.
Diameter dalam collar Vario di besarkan (kiri). Puli rumah roller Mio diberi gemuk. Lebih Awet (kanan).
Purnama juga memberi sedikit panduan. Sisi belakang dekat gir starter di beri spacer. ”Tujuannya supaya waktu puli bekerja, posisi belt tak miring serta terus lurus hingga gerak belt bakal sempurna” terang Purnama lagi.
Untuk spacer dapat memakai ramp plate punya Mio. Di ambil dibagian yang datarnya saja. Untuk ini dapat meminta pertolongan tukang bubut. Sesudah dipotong gunakan di bagian belakang. Atau saat sebelum menempatkan puli, gunakan dahulu sisi spacer tadi.
Jadi, manfaat tutup puli Mio itu cuma untuk pengganjal.
Mio Lebih Awet
Yamaha Mio memakai puli depan atau rumah roller Honda Vario sesungguhnya berisiko. Rumah roller gampang oblak lantaran cincin yang bersua bushing gampang aus.
Tak seperti puli rumah roller asli Yamaha Mio yang dilengkapi sil karet juga sebagai penyekat grease atau gemuk.
Ada gemuk bikin gesekan cincin rumah roller serta bushing jadi rendah. Lantaran gemuk memberi pelicin serta kurangi gesekan.
Kontruksi puli rumah roller seperti ini tidak cuma punya Vario. Honda BeAT juga seperti ini. Umumnya yang kalah cincin dirumah roller. Dapat seperti itu lantaran cincin rumah roller di buat berbahan yang lebih lunak. Seperti bahan tembaga atau kuningan. Sedang bahan bushing dari baja yang dihard krom.

Menaikkan Perfoma Motor Matic Tanpa ada Bore Up 
Sepeda motor matik telah jadi pilihan paling utama buat beberapa bikers untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Namun kadang-kadang performa yang didapatkan dari motor matik ini ada yang berasumsi tak bertenaga di banding jenis motor sport. 

Lalu bagaimana caranya untuk tingkatkan performa motor matik dengan tak keluarkan cost yang banyak? Berikut ini cara-cara yang dapat di kerjakan agarmotor matic mempunyai performa lebih : 
1. Perubahan roller adalah hal paling utama buat mendongkrak. Karena hal semacam itu dapat memberi performa tarikan atas serta bawah yang cukup bertenaga. Misalnya saja pada Honda Vario, dimana biasanya orang lakukan pergantian roller standard dengan roller 10 gr serta 14gram. 

2. Vanbelt pada matik juga butuh ditukar, dengan ukuran yang lebih keras serta tidak tipis. Pergantian fanbelt bakal bikin Anda rasakan tarikan yang lebih responsif pada motor matik yang anda mempunyai. 

3. Untuk sisi pengapian. Disarankan juga buat ubah busi standard, dengan busi yang memberi pengapian lebih prima, hingga pembakaran di ruangan mesin terang tambah baik. Anda bisa melirik busi aftermarket seperti merk TDR, NGK maupun sekelas Iridium Denso serta Splitfire. 

4. CDI juga memiliki peran vital. CDI standard bawaan pabrik memanglah telah baik dalam menyalurkan arus listrik. Tetapi bila Anda inginkan hal lebih untuk mendongkrak performa matik, tak ada kelirunya menempatkan CDI aftermarket seperti Shindengen, BRT, ataupun CDI aftermarket yang lain. 

5. Ubah koil pada motor matik. Koil aftermarket yang ada di market seperti Kitaco, BRT, dan TDR layak buat dicoba untuk memberi percikan api yang lebih optimal pada pengapian motor anda.
Description: Meningkatkan Performa Motor Matic, Rating: 4.5, Reviewer: camperduk, ItemReviewed: Meningkatkan Performa Motor Matic

Ditulis Oleh : camperduk
Hari: 20.33 Kategori: