Bore Up Honda Beat Fi adalah salah satu cara mendongkrak performa mesin dengan cara memperbesar volume silinder. Karena volume silinder bertambah besar dan dengan penyesuaian suplai bahan bakar maka pembakaran akan menghasilkan tenaga yang lebih besar. Nah untuk melakukan bore up ini tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jika anda memilih untuk bore up pada honda beat fi ini tapi juga bisa untuk digunakan harian maka jangan melakukan ubahan terlalu ekstrim. Memperbesar volume silinder dari 110 cc menjadi 125 cc dirasa sudah cukup jika digunakan untuk harian. Untuk mencapai 125 cc, anda cukup menggunakan piston asli dari kawasaki Kaze oversize 100 yang memiliki diameter 54 mm. Karena piston yang digunakan lebih besar tentu harus mengubah boring silinder. Untuk mengoptimalkan aliran udara dan sisa pembakaran bisa melakukan porting polish pada intake dan exhaust.
Karena volume silinder sudah berubah maka jumlah bahan bakar yang masuk juga harus disesuaikan. Untuk itu throttele Body bersama injektornya bisa menggunakan milik vario 125. Meski sudah dilakukan penggantian namun jumlah bahan bakar yang masuk ke silinder pada sistem injeksi ini ditentukan oleh ECU. Oleh karena itu tanpa melakukan ubahan pada ECU tentu saja akan sia-sia. Jika mau mengubah database pada ECU mungkin akan mengalami kesulitan, untuk itu solusinya bisa menggunakan piggyback. Piranti ini berfungsi untuk memanipulasi data-data dari sensor yang akan masuk ke ECU. Dengan dengan demikian settingan ECU bisa berubah. Anda bisa menggunakan piggyback besutan Api Tech dari Thailand.
Bore Up Honda Beat Fi
piggyback untuk honda beat fi
Bore Up Honda Fi sudah selesai dilakukan. Dari pengukuran melalui dyno test didapatkan hasil tenaga maksimum 12,62 Hp pada putaran 7.200 rpm serta torsi maksimum 12,44 Nm pada putaran 6.800 rpm. Jika menilik spesifikasi honda beat fi standar, hasil tersebut sudah meningkat cukup signifikan. Pada mesin standar, tenaga maksimumnya adalah 8,52 PS pada putaran 8000 rpm sedangkan torsinya 8,68 Nm pada putaran 6.500 rpm. Kendati demikian anda mesti melakukan penyesuaian pada sektor lainya. Misalnya untuk CVT, anda bisa menggunakan pulley set buatan SPS, sementara rollernya ganti yang 8 gram buatan KTC berikut dengan pegasnya agar didapatkan akselerasi di putaran bawah. Untuk mendapatkan tenaga yang lebih optimal lagi gunakan knalpot racing.
Karena volume silinder sudah berubah maka jumlah bahan bakar yang masuk juga harus disesuaikan. Untuk itu throttele Body bersama injektornya bisa menggunakan milik vario 125. Meski sudah dilakukan penggantian namun jumlah bahan bakar yang masuk ke silinder pada sistem injeksi ini ditentukan oleh ECU. Oleh karena itu tanpa melakukan ubahan pada ECU tentu saja akan sia-sia. Jika mau mengubah database pada ECU mungkin akan mengalami kesulitan, untuk itu solusinya bisa menggunakan piggyback. Piranti ini berfungsi untuk memanipulasi data-data dari sensor yang akan masuk ke ECU. Dengan dengan demikian settingan ECU bisa berubah. Anda bisa menggunakan piggyback besutan Api Tech dari Thailand.
Bore Up Honda Beat Fi
piggyback untuk honda beat fi
Bore Up Honda Fi sudah selesai dilakukan. Dari pengukuran melalui dyno test didapatkan hasil tenaga maksimum 12,62 Hp pada putaran 7.200 rpm serta torsi maksimum 12,44 Nm pada putaran 6.800 rpm. Jika menilik spesifikasi honda beat fi standar, hasil tersebut sudah meningkat cukup signifikan. Pada mesin standar, tenaga maksimumnya adalah 8,52 PS pada putaran 8000 rpm sedangkan torsinya 8,68 Nm pada putaran 6.500 rpm. Kendati demikian anda mesti melakukan penyesuaian pada sektor lainya. Misalnya untuk CVT, anda bisa menggunakan pulley set buatan SPS, sementara rollernya ganti yang 8 gram buatan KTC berikut dengan pegasnya agar didapatkan akselerasi di putaran bawah. Untuk mendapatkan tenaga yang lebih optimal lagi gunakan knalpot racing.
Description: Bore Up Honda Beat Fi Harian, Rating: 4.5, Reviewer: camperduk, ItemReviewed: Bore Up Honda Beat Fi Harian